A. Langkah pertama pada Microsoft Excel dengan menggunakan
“Fungsi IF”
1.
Pertama nyalakan terlebih dahulu laptop/computer
anda
2.
Carilah Microsoft excel pada menu Start – All
Program – Microsoft Excel
3.
Kemudian
buatlah data kolam di Microsoft excel
yang berisikan No. Sertifikat, Nama, Jenis Pelatihan, Nilai, Predikat,
dan Keterangan(data tersebut sesuai dengan kebutuhan anda). Perhatikan pada gambar dibawah ini !
4.
Jika
pada kolom Microsoft excel terdapat rumus“ FUNGSI IF”, maka masukanlah rumus
“FUNGSI IF” pada kolom tersebut kemudian tekan tombol ENTER. Perhatikan pada gambar
di bawah ini!
5.
Untuk mempermudah pekerjaan anda, anda tidak perlu
menulis rumus “FUNGSI IF” pada setiap kolomnya. Akan tetapi, anda hanya menarik
kursor pada kolom pertama lalu tarik sampai data yang diinginkan.
6.
Setelah data di Microsoft Excel sudah selesai,
,maka simpan(save) pada
laptop/computer anda (sesuai yang anda inginkan). Perhatikan gambar berikut !
B. Langkah kedua membuat sertifikat dan
memasukan data dari Microsoft Excel
1.
Pertama klik menu Start – All Program – Microsoft
Office – Microsoft Publisher - Award Certificates (sesuai dengan selera)
2.
Setelah memilih gambar pada Award Certificates
edit sesuai dengan keinginan anda. Seperti pada gambar dibawar ini!
3.
Pilih TOOLS pilih pada MAILINGS AND CATALOGS, dan
tekan MAIL MARGE, setelah itu klik pada pojok kiri bawah (step 1 of 3).
Perhatikan pada gambar dibawah ini !
4.
Langkah selanjutnya, cari data Microsoft Excel
yang sudah disimpan (save) kemudian
tekan OPEN dan muncul “select Table” pilih sheet 1 dan tekan OK, setelah itu muncul Mail Merge Recipients dan tekan OK. Perhatikan
pada gambar dibawah ini !
5.
Lalu, muncul Mail Merge pada pojok kiri. Letakkan
kurso pada data yang akan diisi dan pilih di Prepare Your Publication kemudian
diklik. Perhatikan pada gambar ini
6.
Terakhir untuk merubah data maka tekan preview
recipient. Perhatikan pada gambar dibawah ini!

















Tidak ada komentar:
Posting Komentar